Posts

INDIKATOR MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT

Image
Akhir-akhir ini banyak kalangan menyoroti mutu pelayanan rumah sakit. Sebagian berasumsi dengan penilaiannya sendiri atas dasar pengamatan pribadi, sebagian lagi berusaha menerapkan penilaian berdasarkan berbagai tools yang dianggap dapat memperlihatkan kualitas pelayanan suatu rumah sakit. Sebagai suatu organisasi yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, rumah sakit tidak terlepas dari tuntutan berbagai kalangan. Dengan tugas utama memberikan pelayanan kesehatan secara perorangan kepada masyarakat, waktu beroperasi 1 x 24 jam non stop, tidak boleh error, dengan tingkat tanggungjawab yang tak terbeli karena menyangkut hidup matinya seseorang, rumah sakit merupakan institusi yang unik. Mutu suatu produk baik itu berupa barang atau jasa, seringkali diperspektifkan dari kaca mata customer. Baik atau buruknya suatu produk yang dihasilkan, cenderung dirasakan dan dinilai oleh customer. Mutu adalah faktor yang mendasar dari customer, penilaian terhadap mutu selalu berdas...