Posts

RUMAH SAKIT DALAM PERSPEKTIF CUSTOMER

Image
Sebagai salah satu institusi yang memberikan pelayanan publik, rumah sakit semakin dituntut meningkatkan kualitasnya. Kesopanan petugas administrasi, kesigapan petugas medis, kenyamanan sarana, kelengkapan prasarana hingga kecanggihan peralatan medis menjadi harapan ketika kita mengunjungi sebuah rumah sakit. Rumah sakit diharapkan mampu memberi pelayanan penginapan seperti halnya hotel berbintang. Pasien selalu berharap rumah sakit bisa memancing selera makan dengan sajian makanan seperti halnya restoran (harapannya rasa bintang lima, harga kaki lima). Semua orang menginginkan rumah sakit memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik, dari pada pelayanan kesehatan yang diberikan fasilitas kesehatan tingkat dasar seperti puskesmas atau klinik kesehatan lainnya. Di sisi lain, petugas rumah sakit juga menginginkan hal yang sama. Petugas tentu saja berharap pasien-pasien yang dirawatnya bisa tidur beristirahat dengan nyaman, makan berselera dengan gizi yang memadai dan sesuai st...